Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KAB. SORONG MELAKUKAN AUDIENSI BERSAMA POLRES SORONG

BAWASLU KAB. SORONG MELAKUKAN AUDIENSI BERSAMA POLRES SORONG

Aimas_ Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Sorong melakukan audiensi diruang aula Polres Sorong pada, Senin (11/07/2022). Pertemuan ini seklaigus merupakan langkah awal dalam Bawaslu Kabupaten Sorong membangun sinergitas bersama kepolisian.

Melalui Kanit Intel Polres Sorong, Ipda, Dahlan, SH. Mewakili Kapolres yang sedang dinas luar, namun tidak mengurangi makna pertemuan tersebut. Dalam sambutannya, sekaligus yang memandu acara audiensi itu, Dahlan, mengatakan bahwa, jajaran polri sesuai dengan arahan Kapolri bahwa seluruh jajaran Polres akan menjaga kemanan penyelenggaraan pemilu serentak 2024.

Menurutnya, melihat pada pengalaman pemilu 2019, banyak goncangan yang dirasakan dalam pengamanan pemilu, hal itu menurutnya disebabkan oleh adanya masyarakat yang terlibat dalam politik praktis.

"kami dari pihak kepolisian pada pemilu 2019 lalu, banyak sekali merasakan guncangan secara kemanan, hal ini disebabkan karna masyarakat banyak terlibat dalam politik prakris, oleh sebab itu hal ini menjadi antisipasi kita dan juga sekaligus merupakan evaluasi kedepan". Tuturnya.

Lebih lanjut Dahlan menyampaikan, terkait pengamanan, nantinya kedepan Polres Sorong sudah bisa maksimal dalam mengerahkan personil, sebab menurutnya Kabupaten Tambraw sudah memiliki Polres secara mandiri, dan itu artinya tidak lagi dibawa komando Polres Sorong.

Dihubungi media ini, diruangnya, mengenai kesiapan Polres Sorong dalam menghadapi pengamanan pelaksanaan pemilu serentak, Dahlan mengatakan penekanan yang sama, bahwa secara personil ada sekita 400 personil kemanan yang siap untuk disebarkan sampai kepada wilayah terjauh yang ada di Kabupaten Sorong.

"yang jelas ini sudah menjadi tanggung jawab aparat kopilisian untuk pengamanan dalam negeri, termasuk didalmnya penyelenggaraan pemilu ini, Polres Sorong sudah siap, sebab dengan adanya polres tersendiri di Tambraw, maka secara personil sudah bisa fokus pada wilayah Kabupaten Sorong saja". imbuhnya.

Sementara itu, ketua KPU, Adomince Pandori, menyampaikan terkait kelengkapan yang perlu pihak Polres serahkan ke KPU Kabupaten Sorong adalah, foto copy KTP dan KK masyarakat yang telah menjadi anggota polisi, serta anggota polisi yang sudah pensiun. Pesan yang berbedapun datang dari anggota KPU lainnya, Petrus Aitrem, beliau menyampaikan pesan dari KPU RI, yakni jajaran kepolisian ditingkat bawah dapat berperan melalui kamtibmas agar bisa meyakinkan masyarakat tentang pemilu pasti jalan dan sesuai tahapan, serta pemilu pasti aman.

Harapan yang sama juga datang dari Bawaslu Kabupaten Sorong, Kordiv PHL, Nurjiantor mengatakan, kedepan tahapan pemilu dan pemilihan didepan dan perlu adanya sinergitas sehingga setiap tahapan pemilu ini boleh berjalan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Melalui Kordiv HPPS, Bernard Rumpaisum, Bawaslu Kabupaten Sorong mengingatkan kembali terkait kerawanan pemilu 2024 perlu menjadi kajian kepolisian, sehingga data yang dihimpun bisa meminimalisir pelanggaran pemilu kedepannya.

Harapan dari Sekretaris KPU, Marthen Kambuaya, bahwa hal seperti ini perlu dilakukan lagi kedepannya, sehingga ada pertukaran informasi diantara lembaga agar dapat meningkatkan kerja baik KPU maupun Bawaslu dan institusi kepolisian, acara inipun ditutup dengan sesi foto bersama.Humas Bawaslu Kab. Sorong.