Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KABUPATEN SORONG TANCAP GAS PENGAWASAN TAHAPAN VERIFIKASI ADMINISTRASI PARPOL

BAWASLU KABUPATEN SORONG TANCAP GAS PENGAWASAN TAHAPAN VERIFIKASI ADMINISTRASI PARPOL

Aimas. Ketua tim fasilitasi pengawasan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2024 Kabupaten Sorong, Marlon Barry Siwtiory, didampingi dua orang anggota, David Korwam dan Elna Lelmaya, melakukan pengawasan melekat di KPU Kabupaten Sorong.

Berdasarkan ST Nomor:65/ST/PB-08/TU.00/08/2022 yang ditandatangani oleh Koordinator sekretariat Kabupaten Sorong, Robianus Sesa, menugaskan ketiga nama diatas untuk melaksanakan tugas pengawasan.

Sebelumnya Bawaslu Kabupaten Sorong telah membentuk tim fasilitasi pengawasan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2024 Kabupaten Sorong berdasarkan SK Nomor:059/HK.01.01/K.PB-08/08/2022.

Dan hari ini, Rabu (17/08/2022) pengawasan melekat dilakukan sebagai bentuk komitmen kelembagaan yang merupakan Badan Pengawas Pemilu, selain dari pada pengawasan di KPU, namun juga ada pencermatan yang dilakukan terpisah oleh Bawaslu di akun SIPOL KPU.

Kegiatan ini dilakukan diruang aula gedung KPU Kabupaten Sorong dimulai pada pukul 09.00 WIT sampai dengan selesai dan dihadiri oleh empat anggota komisioner KPU Kabupaten Sorong. Yang meskipun KPU telah menyediakan tempat atau meja khusus untuk Bawaslu, namun tetap ada prosedur pengawasan yang dilakukan yaitu melihat dan mengamati secara dekat.

Berdasarkan hasil pantauan media ini, David dan Elna secara serius melihat dan mencatat dari dekat apa yang dilakukan oleh admin SIPOL dan dua orang verivikator KPU Kabupaten Sorong, sementara Marlon, menginput data yang dicatat langsung kedalam form pengawasan.

Meskipun yang melakukan pengawasan adalah ketua tim serta anggota yang notabenenya adalah merupakan staff teknis Bawaslu Kabupaten Sorong, namun dapat dipastikan bahwa tim tetap berkoordinasi dengan pimpinan komisoner, terutama untuk Kordiv HPPS yang adalah penanggung jawab tim.HUMAS BAWASLU KABUPATEN SORONG