Lompat ke isi utama

Berita

BERNARD RUMAPISUM PIMPIN RAPAT PERSIAPAN TAHAPAN VERIVIKASI ADMINISTRASI PARPOL TINGKAT KABUPATEN KOTA

BERNARD RUMAPISUM PIMPIN RAPAT PERSIAPAN TAHAPAN VERIVIKASI ADMINISTRASI PARPOL TINGKAT KABUPATEN KOTA

Aimas. menindak lanjuti hasil pertemuan dalam kegiatan monitoring supervisi dan evaluasi yang dilakukan oleh Bawaslu Papua Barat pada Jumat (12/08/2022) yakni mengenai strategi pengawasan, serta peningkatan mutu kerja kelembagaan.

Maka, melalui anggota komisoner Bawaslu Kabupaten Sorong, Bernard Rumapisum, memimpin rapat pada sabtu (13/08/2022) dengan agenda strategi menghadapi tahapan pengawasan Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024.

Dengan dihadiri oleh tim verivikasi sesuai surat keputusan yang dikeluarkan oleh Bawaslu Kabupaten Sorong maka kegiatan rapat ini imulai pada pukul 14.00 WIT, bertempat diruang media center Bawaslu Kabupaten Sorong, Bernard memulai rapat dengan menyampaikan hasil analisa terkait alat kerja yang sudah didapat dari Bawaslu secara berjenjang.

Beberapa poin yang menjadi hasil pembahasan rapat diantaranya adalah, fokus pengawasan pada tahapan yang berjalan serta melakukan sosialisasi pada lembaga-lembaga yang termasuk dalam larangan undang-undang pemilu untuk terlibat dalam kepengurusan maupun keanggotaan partai politik, serta penelitian akun sipol tetap dicermati untuk lakukan identifikasi.

"Jadi fokus kita pada pengawasan adalah terkait dengan pencermataan syarat dokumen partai yang dilakukan oleh KPU, serta agenda lainnya adalah untuk melakukan pencegahan berupa sosialisasi di instansi PNS dan atau ASN serta lembaga TNI/dan POLRI, lalu yang berikut adalah pencermatan terhadap akun sipol partai tetap dilaksanakan untuk identifikasi kegandaan", tutrnya.

Lebih lanjut, Bernard mengatakan, fokus pengawasan harus dilaksanakan dengan efektif, sehingga ada hasil yang dicapai, termasuk singkronisasi data utuk memastikan keabsahan ketika kita melaksanakan proses verivikasi administrasi itu sendiri, tutupnya.HumasBawasluKabupatenSorong