Lompat ke isi utama

Berita

HUMAS MENJADI UJUNG TOMBAK

HUMAS MENJADI UJUNG TOMBAK

Kabupaten Sorong-Aimas: Bawaslu Kabupaten Sorong mengikuti rapat koordinasi yang dilakukan oleh Bawaslu Papua Barat pada rabu (10/3). Kegiataan yang dilakukan via zoom ini melibatkan seluruh Bawaslu Kabupaten maupun kota se-papua Barat, dengan mengangkat tema "Tugas dan Program Pemberitaan serta Publikasi". Hal ini merupakan tindak lanjut kegiatan serupa yang sudah lebih dulu dilakukan oleh Bawaslu RI bersama jajaran Bawaslu Provinsi se-Indonesia.

Dalam penyampaian pembukaan acara ini ketua Bawaslu Papua Barat Ibnu Mas'ud, S.sos, mengatakan bahwa, kehumasan sudah waktunya untuk memainkan perannya dengan lebih baik, sebab pelaksanaan pilkada 2020 seluruh tahapannya sudah selesai, sehingga Bawaslu kabupaten kota lebih fokus secara internal. "Ya pilkada 2020 sudah selesai, dan jikalau semua paslon yang terpilih sudah dilantik maka, Bawaslu harus lebih fokus kedalam, sehingga peran-peran dari humas bisa lebih baik lagi".

Senada dengan itu, kordiv Hukum Bawaslu Papua Barat yang juga membawahi kehumasan Nazil Hilmie dalam materinya dikatakan bahwa peran vital dari kelembagaan Bawaslu adalah pemberitaan untuk diketahui oleh publik tentang kerja-kerja Bawaslu. "selama ini kita sudah bekerja dalam pengawasan mapun koordinasi antar lembaga, hanya saja selama ini belum ter-update dengan baik sehingga masyarakat juga tidak mengetahui besarnya peran Bawaslu, olehnya setiap kegiatan yang dilakukan oleh Bawaslu wajib untuk di sampaikan kepada publik agar diketahui juga, laporan tersebut supaya lebih mudah dimengerti dan menarik minat masyarakat yang ingin mengetahui kerja-kerja kehumasan Bawaslu".

lebih lanjut Nazil mengatakan, melalui laporan ini kita dapat mengetahui pencapaian kinerja lembaga kita pada tahun 2021. Dalam laporan tersebut harus termuat program kerja kehumasan tahun 2020 dan realisasi kegiatan yang dilaksanakan diluar agenda yang diprogramkan. "Jumlah publikasi dimedia yang memberitakan kegiatan Bawaslu serta kendala yang dihadapi selama tahun 2020 untuk tahun 2021 kami berharap setiap Kabupaten/Kota memiliki target dalam meningkatkan kinerja kehumasan, meningkatkan keaktifan konten di setiap sosial media untuk membagi informasi atau berita terkait kegiatan Bawaslu”. Ujarnya.

Sebelum mengakhiri kegiatan tersebut dalam sesi tanya jawab ditemukan bebarapa kendala baik dari sisi teknis pelaksanaan implementasi berita maupun dari minimnya penganggaran, namun bagi Nazil yang perlu dilakukan saat ini adalah fokus pada pemberitaan kinerja seraya seluruhnya berharap agar kedepan kendala-kendala ini dapat terhindarkan, tutupnya.

Menanggapi hasil rakor bersama Bawaslu provinsi Papua Barat, Nurjiantoro komisioner Bawaslu Kabupaten Sorong mengatakan, penting untuk jalin komunikasi dengan baik sehingga self praise bisa terhindarkan disemua lini, dengan demikian segala strategi maupun program yang disampaikan ataupun capaian dalam pemberitaan menjadi lebih kuat dan terukur ditengah-tengah masyarakat. 

"ya sekarang teknologi sudah sangat membantu, sehingga membangun strategi untuk menyuarakan programkerja serta apa saja yang dilakukan lembaga menjadi terukur ditengah-tengah masyarakat".

Lebihlanjut Nurji sapaan akrabnya, mengatakan jika kedepan masih ada kendala dalam pemberitaan di Bawaslu Kabupaten Sorong terkait kualitas berita maupun redakasionalnya maka, akan berkomunikasi dengan Bawaslu Provinsi sehingga mungkin akan diadakan pelatihan, yang pasti Bawaslu Kabupaten Sorong siap menjadi penyaji informasi bagi masyarakat dalam pemberitaan, tutupnya.