Lompat ke isi utama

Berita

MERAWAT ASA KINERJA TIM PPID BAWASLU KABUPATEN SORONG DI MASA PANDEMI: RAPATPUN DILAKUKAN VIA ZOOM

MERAWAT ASA KINERJA TIM PPID BAWASLU KABUPATEN SORONG DI MASA PANDEMI: RAPATPUN DILAKUKAN VIA ZOOM

BAWASLU KAB.SORONG.AIMAS- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sorong, dalam rangka evaluasi serta perencanaan kerja, tim PPID melakukan rapat via zoom, yang dipimpin langsung oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sorong, Robianus Sesa, serta Plt. Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong, Bernanrd Rumpaisum, Kamis 15/7/2021.

Hal ini dilakukan karena adanya anjuran Pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk menangani lonjakan jumlah kasus COVID-19 di Tanah Air, Selama kebijakan itu berlaku, dilakukan pembatasan kegiatan di berbagai sektor, mulai dari perkantoran, pendidikan,restoran, pusat perbelanjaan, sampai pada sosial kemasyarakatan.

Menanggapi hal ini, melalui SE Ketua Bawaslu Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2021, tertanggal 14 Juni 2021, tentang penyesuaian kerja di lingkungan Bawaslu, Panwaslu/Panwaslih Provinsi, Bawaslu/Panwaslih Kabupaten/Kota dalam rangka perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (CoViD-19), serta SE Bawaslu Provinsi Papua Barat Nomor 114/KP.00/SEK.PB/06/2021, tertanggal 23 Juni 2021, dengan perihal: penyesuaian sistem kerja di lingkungan Bawaslu Kabupaten/Kota.

Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi pertemuan sebelumnya, terkait peningkatan kapasitas tim PPID di lingkungan Bawaslu Kabupaten Sorong, mengingat beberapa waktu yang lalu telah dilakukan pertemuan dengan pihak pengembang website namun masih ada kendala yang baru bisa direalisasi oleh pihak pengembang website.

Dalam rapat zoom ini, koordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten Sorong dalam pembukaanya mengatakan, diharapakan agar meskipun pertemuan dilakukan tidak tatap muka, namun ada hasil yang baik yang didapat dalam pertemuan kali ini.

"Ya, meskipun kita bertemu dalam rapat ini melalui aplikasi zoom, tetapi harapanya ada hasil yang baik sehingga PPID mampu membawa lembaga ini menjadi penyuara bagi publik", bebernya.

Senada dengan itu, Plt. Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong menyampaikan harapannya, berdasarkan kendala yang dihadapi oleh tim PPID, maka harus ada solusi dari pihak pengembang.

"Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan pertemuan, baik di tingkat pimpinan maupun dengan tim PPID, kendala yang di hadapi seharusnya sudah bisa ada jalan keluar, baik itu melalui vidio tutorial ataupun praktek langsung, namun yang pasti tim PPID harus mampu menjadi sarana ideal dalam menyuarakan kinerja-kinerja kelembagaan, baik tingkat divisi maupun secara menyeluruh", tuturnya.

Diliput media ini, Robi, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa harapannya terkait hasil rapat zoom bersama pengembang adalah, perlunya mempertajam kemampuan dari staff web dan PPID.

"Ini sangat penting bagi kita baik web dan PPID, kita perlu mengasah dan mempertajam kemampuan, pengalaman-pengalaman yang ada kita harus ambil, sehingga dengan situasi WFH maupun WFO tetap dapat terpublikasikan di laman website dan PPID Bawaslu Kabupaten Sorong" lanjutnya.

Dengan situasi PPKM seperti saat ini, Robi, berharap agar kinerja tim PPID lebih baik lagi, sehingga kedepannya Bawaslu Kabupaten Sorong menjadi contoh bagi yang lain tutupnya.

Pasalnya, PPID merupakan kerja kehumasan yang perlu terus menyuarakan kinerja-kinerja kelembagaan baik dalam mendukung program pemerintah ditengah penanganan penyebaran Covid-19, maupun dalam menjalankan tugas sebagai bagian dari prjalanan demokrasi bangsa terlebih khusus sebagai penyelenggara Pemilu.