Lompat ke isi utama

Berita

EDUKASI POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA JELANG PEMILIHAN UMUM 2024 TERUS DILAKUKAN OLEH BAWASLU KABUPATEN SORONG

AIMAS- Untuk kedua kalinya ditahun ini Badan Pegawas Pemilihan Umum (BAWSLU) Kabupaten Sorong melakukan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif kepada pemilih pemula. Hal ini dilakukan sebagai bagian edukasi politik kepada masyarakat. Dengan mengundang sekolah-sekolah SMA dan SMK yang berada di seputaran Aimas kegiatan ini dilakukan di Hotel Aquarius Aimas pada Kamis (4/08/2022).

Dalam kegiatan ini turut terundang KPU Kabupaten Sorong, serta nara sumber adalah Dinas Kesbangpol Kabupaten Sorong serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong. dalam sambutannya Regina Gembenop yang merupakan ketua Bawaslu Kabupaten Sorong mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari edukasi politik kepada masyarakat, terutama para pemilih pemula yang sangat minim informasi yang baik tentang Pemilu.

Pada umumnya, mereka yang menggunakan hak pilihnya sebagai Pemilih Pemula (berusia 17 tahun/pernah menikah) belum memiliki informasi dan pemahaman yang cukup mengenai Pemilu/Pemilihan. Hal tersebut cukup wajar karena mereka sebagai pemilih pemula belum memiliki pengalaman dalam pelaksanaan  Pemilu/Pemilihan. Sehinggga hal tersebutlah menjadi sesuatu yang sangat urgent untuk disosialisasikan dalam upaya mensuksesan Pemilu/Pemilihan serta memberikan kesejahteraan kepada masyarakat untuk kedepannya, imbuhnya. Mengakhiri sambutannya dilakukan pemukulan tifa sebanyak tiga kali sebagai tanda dibukanya kegiatan tersebut.

Yoel Kemesfle dengan materinya "Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Umum" mengatakan, kelompok pemilih pemula yang telah mendapatkan materi ini harusnya terus ada progres dari Bawaslu Kabupaten dan mungkin perlu diadakan lagi hal semacam ini. Sebab menurutnya kecakapan dalam membangun wawasan pemilih pemula terkait komplesitas Pemilu tidak bisa dilakukan dengan cara instan atau hanya sesekali saja.

"harapan saya, kelompok yang telah mendapatkan materi ini akan terus mendapat update informasi dari Bawaslu Kabupaten, dan mungkin perlu diadakan lagi kegiatan seperti ini, sehingga tingkat pencegahan dan wawasan yang diharapkan bersama bahwa akan ada partisipasi pemilih pemula nantinya di Pemilu 2024 yang cakap dalam memilih figure pemimpin, sehingga sudah selayaknya mereka mengetahui segala informasi terkait Pemilu, dan ketika waktunya mereka diakomodir sebagai pemilih meraka sudah punya informasi yang cukup tentang pemilu.", tuturnya.

Secara pribadi dan kedinasan Yoel mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Sorong terkait pencegahan dini serta memastikan pemilih pemula memahami administrasi Pemilu, tindak pidana Pemilu, dan adanya kode etik kepada penyelenggara Pemilu, imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan dan HUBAL, Nurjiantoro, saaat dihubungi media ini mengatakan, Bawaslu punya kepentingan untuk menyukseskan Pemilu 2024, dimana hal kesuksesan Pemilu itu dapat tercapai apabila salah satunya para pemilih dapat memahami mekanisme dan aturan Pemilu. Dan hal yang dilakukan oleh bawaslu tadi adalah bentuk sosialisasi terhadap pemilih pemula.

Lebih lanjut Nurji mengatakan, harapannya dari setiap nara sumber tadi sudah memainkan perannya sehingga para pemilh pemula ini mendapatkan pencerahan terkait menggunakan hak politik mereka, tutupnya. Acara sosialisasi ini ditutup dengan menggemakan slogan Bawaslu yang dipimpin oleh moderator, "BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU, BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU". HUMASBAWASLUKAB.SORONG